Sabtu, 06 Juni 2009

Dibalik cerita Socony..pergi ke perpusnas..yeah, it's really so much fun!

Pada saat pengumpulan data, pertama – tama kami semua pergi ke Perpustakaan Nasional. Disana kami tidak boleh langsung naik ( menuju tempat Koran dan majalah – majalah jaman dulu diletakkan), tetapi kami harus membuat kartu anggota terlebih dahulu. Setelah itu kami mengisai dta pada buku yang sudah disediakan pada meja resepsionis.

Pada saat kami berhasil masuk ke tempat Koran dan majalah diletakkan, waktu kami juga banyak tersita karena disana ada banyak sekali Koran yang sudah lama. Sehingga cukup memusingkan kami dalam pencarian koran yang kami inginkan. Karena kami tidak tahu tahun dan bulan terbit Koran tersebut, juga nama Koran yang kita inginkan. Dan petugas yang disana pun tidak mau melayani kami jika kami tidak tahu tahun, bulan dan nama Koran yang akan kami baca.

Setelah itu diantara kami juga ada yang bergegas di tempat majalah di letakkan, disana kami juga mencari data tentang Socony, namun banyak sekali majalah yang ada disana, sehingga di tempat majalahpun kami juga sempat kebingungan, karena kami juga tidak tahu nama majalah, bulan dan tahun terbit majalah yang kita inginkan.

Akhirnya kami memutuskan untuk mengira – ngira tahun dan nama Koran yang kita inginkan, akhirnya kami meminta tolong pada petugas disana dan mereka sangat sibuk, sehingga kami mengambil Koran yang kami butuhkan sendiri, tan pa ada bantuan dari petugas. Karena kita mengira – ngira tahunnya maka kita tidak mendapatkan apa – apa. Sampai akhirnya Perpustakaan nasional mau tutup, kami pun pulang ke rumah masing – masing.

Selanjutnya kami mencoba mencari data – data lewat internet, dan kami membagi tugas lagi dan kami masing – masing menemukan data- data yang kami cari. Akhirnya kami menyatukan data – data tersebut. Tetapi masih ada beberapa data yang kurang, dan kami menyempatkan waktu lagi untuk pergi ke Perpustakaan Nasional lagi dan mencari data – data yang ada. Akirnya kamipun dapat menemukannya, meskipun hanya sedikit tetapi data yang kami temukan disini cukup membantu kami dalam menyelesaikan tugas ini. Dan setelah kita mendapatkan data – data yang kami dapatkan kamipun pulang dan menyusunnya.

Dan demikianlah prosedur pengumpulan data yang kami lakukan untuk menyelesaikan tugas ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar